Pengembangan Percabangan Membuat Kasir Sederhana dengan Bahasa Java
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Okey kita akan melanjutkan materi kita kembali, pada kali ini kita akan membahas mengenai program lagi. Nah disini saya akan membahas mengenai Percabangan, If, dan juga Else;
Langsung saja tanpa basa basi kita ke pembahasan materinya:
Percabangan
Percabangan merupakan suatu pengaturan alur program berdasar kondisi boolean yang dijadikan patokan. Dalam percabangan kita akan menggunakan if, else, switch, dan case, serta operator relasional.
Ada empat bentuk percabangan pada Java:
- Percabangan IF
- Percabangan IF/ELSE
- percabangan IF/ELSE/IF
- Percabangan SWITCH/CASE
Percabangan IF
Percabangan ini hanya memiliki satu pilihan. Artinya, pilihan di dalam IF hanya akan dikerjakan kalau kondisinya benar.
Percabangan IF/ELSE
Percabangan IF memiliki satu pilihan. Sedangkan percabangan IF/ELSE memiliki pilihan alternatif kalau kondisinya salah. Berikut strukturnya :
// perintah ini akan dijalankan jika kondisi terpenuhi
} else{
// perintah ini akan dijalankan jika kondisi tidak terpenuhi
}
Percabangan IF/ELSE/IF
Percabangan IF/ELSE/IF memiliki lebih dari dua pilihan. Berikut strukturnya
// perintah ini akan dijalankan jika kondisi 1 terpenuhi
} else if (kondisi 2) {
// perintah ini akan dijalankan jika kondisi 2 terpenuhi
} else if (kondisi 3) {
// perintah ini akan dijalankan jika kondisi 3 terpenuhi
} else {
// perintah ini akan dijalankan jika semua kondisi di atas tidak ada yang benar
}
Program Kasir
Setelah kita mengetahui macam-macam percabangan, kita akan membuat program kasir. Percabangan yang akan saya gunakan dalam membuat program ini adalah percabangan IF dan ELSE.
Fungsi kode "import java.util.Scanner; " sama dengan kode "import java.util.*; " pada baris pertama yaitu agar kita dapat menggunakan Scanner. Scanner berfungsi untuk mengambil input.
Setelah itu kita buat class dan method-nya. Lalu
kita deklarasikan variabel yang akan kita gunakan.
Dari baris
4-23 adalah bagian yang berisi program yang nanti akan menampilkan Login ke
Program. Berikut Penjelasannya.
Keterangan:
- data
: untuk nama dan sandi yang telah dibuat di sistem (tipe datanya string)
- nama
: menginputkan nama (tipe datanya string)
- sandi
: menginputkan sandi (tipe datanya string)
Dibaris ke 2 sampai baris ke 7 kita buat dulu perintah untuk menampilkan untuk kop judul.
Disini kita bebas mengubah namanya, tergantung kreasi teman-teman.
Selanjutnya
ada fungsi "Scanner masuk=new Scanner(System.in);"yang nantinya
akan membantu kita dalam penginputan data ke dalam variabel "nama"
dan "sandi".
Pada baris ke 13, kita buat perintah untuk mencetak
tulisan untuk memasukkan nama.
Fungsi berikutnya yaitu: nama=masuk.nextLine();
adalah perintah untuk memasukkan nilai ke variabel nama.
Dibaris ke
13, kita buat juga perintah untuk mencetak tulisan untuk memasukkan sandi. Seperti
baris ke 12, kita gunakan fungsi Scanner untuk menginputkan sandi, yaitu : sandi=masuk.nextLine();
yang merupakan perintah untuk menginputkan nilai ke variabel sandi.
Pada baris ke 19, kita mulai
menggunakan perulangan IF. Dimana kondisinya adalah (nama.equals(data[0])&&sandi.equals(data[1])).
Atau dapat dijabarkan varibel "nama" nilainya sama dengan variabel
"data[0]" dan "sandi" nilainya sama dengan variabel
"data[1]".
Catatan: Dalam library String, terdapat metod equals() yang
mempunyai fungsi untuk membandingkan karakter pada variable String. Selain
metod equals(), kita juga menggunakan operator "AND"
(&&). Jika kedua kondisi tersebut bernilai benar maka pernyataan
yang ada dalam blok IF dapat berjalan.
Jika "nama" nilainya sama dengan variabel
"data[0]" bernilai benar dan "sandi" nilainya
sama dengan variabel "data[1]" bernialai benar juga, maka akan
dilanjutkan ke perintah berikutnya yaitu menampilkan tulisan "Selamat
Datang" dan menampilkan method menu(). Sedangkan jika salah satu
ataupun dua kondisi tersebut salah maka perintah yang ada di blok else yang
akan dijalankan. Perintahnya yaitu untuk menampilkan tulisan "Maaf Nama
Pengguna Atau Sandi Tidak Tersedia" dan program selesai.
Lalu kita tutup method ini dengan kurung kurawal.
Pada baris ke 30-49 adalah method menu() yang
nantinya akan menampilkan list menu yang akan kita pilih. Berikut
Penjelasannya:
Pada baris 30 kita buat method baru yang kita beri
nama dengan "menu".
Dibaris ke
31-36 kita buat perintah untuk menampilkan list menu. Baris berikutnya saya
membuat fungsi "Scanner input=new
Scanner(System.in);"yang nantinya akan membantu kita dalam
penginputan data ke dalam variabel "menu". Dibaris ke 38 kita
deklarasikan variabel "menu" yang bertipe integer. Baris ke 39
terdapat perintah untuk menampilkan tulisan "Silahkan Masukkan Menu
: " . Fungsi berikutnya yaitu:
menu=input.nextInt(); adalah perintah untuk memasukkan nilai ke variabel
"menu".
Dari baris
41-47 kita akan menggunakan percabangan IF/ELSE/IF. Jika variabel
"menu" nilainya sama dengan 1 maka program akan dilanjutkan ke method
penjualan(). Jika variabel "menu" nilainya sama dengan 2 maka
program akan dilanjutkan ke method Tambah data(). variabel
"menu" nilainya sama dengan 3 maka program akan dilanjutkan ke
System.exit(0) yang merupakan perintah keluar pada java dengan mengeluarkan
aplikasi secara keseluruhan..
Lalu tutup method menu() dengan kurung kurawal.
Dari Baris
54-83 adalah method penjualan() yang akan menampilkan program
kasir untuk membeli makanan.
Keterangan:
- harga
: harga barang (tipe datanya integer)
- barang
: nama makanan (tipe datanya string)
- total
: total harga barang (tipe datanya integer)
Selanjutnya ada fungsi
- System.out.println(“Tambah Data”);
Komentar
Posting Komentar